Demo Blog

Cara Mengatasi Komputer yang suka Restart sendiri

by OxY_IT on Nov.22, 2009, under ,


Hmm..teman - teman semuanya  pernah kah kalian merasa jengkel ketika suatu waktu anda menggunakan komputer tiba - tiba saja dia restart sendiri tanpa tahu yang pasti alasannya mengapa.Dan yang jelas semua tugas yang kita lakukan tadi akan terhapus dari komputer jika anda lupa mengesavenya serta kesabaran kita akan teruji dengan baik nih..heheh
 
 Untuk mengatasi hal tersebut, saya ada sedikit pengalaman yang bisa di share buat kita semuanya. Komputer saya kemarin - kemarin ini sering restart sendiri setelah beberapa menit saya menggunakan komputer dan hal tersebut menjengkelkan sekali karena saat - saat itu saya sedang asik mengerjakan tugas - tugas. Hmm.. usut punya usut saya mulai mencoba nih analisa apa yang membuat komputer saya bisa tiba - tiba restart begitu saja..

Investigasi pertama saya berpikir karena saya menggunakan processor AMD duron, maka saya pikir komputer ini restart sendiri karena kepanasan (karena processor seperti ini kurang tahan dengan keadaan yang panas berlebihan), dan tata letak komputer diruangan saya pun membuat saya berpikir kalau penyebabnya kepanasan nih si processor. Untuk mengatasi nya saya mulai deh dengan memberian pasta processor dan mengatur tata letak komputer yang lebih lapang serta kipas CPU nya dibersihkan lagi. tapi ternyata hal ini tidak ada mempengaruhi komputer saya, dia tetap saja restart tiba - tiba.

Investigasi ke dua, saya melihat bagian sistem kelistrikan di rumah saya, hmm.. kalo dilihat - dilihat nih aman - aman saja tapi ada yang sedikit mengganjal yaitu apa daya listrik dirumah saya sering kurang stabil ketika menghidupkan komputer?? setelah setelah ditanyakan kepada empunya listrik dirumah ternyata bukan itu penyebabnya.

Investagasi ketiga, saya mulai melihat sistem kelistrikan di komputer. saya mencheck si Power supply nya, tapi kayaknya tidak ada masalah tuh. saya beralih kebagian StaVolt komputer saya... Hmm, saya mulai mencheck nya dengan cara melepas rangkaian listrik yang menggunakan stavolt ini, dan mulai dah hidupkan komputer tanpa menggunakan stavolt...setelah beberapa menit menggunakan komputer...hmmm..ternyata komputer saya tidak mengalami restart sendiri dan bisa bertahan lebih lama..

Wah, ternyata penyebab utama yang saya temukan dari komputer ini adalah stavoltnya yang kurang bagus dan tidak bisa menstabilkan listrik dengan baik. Untuk teman - teman lain yang merasakan hal yang sama semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda.Dan ingat kalau mau membeli stavolt yang baru dharap jangan membeli yang sembarangan deh, biar makin awet nih komputer.
2 komentar more...

2 komentar

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar disini

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Followers

friend link